Friday, December 28, 2012

Keadaaan Alam dan Musim di Jepang part 1


japan, 2015
maluw maluw maluuwww..

tapi beneran mimpi bisa beginian bersama keluarga kecil ku nanti..ehhe8

cari tau tentang 4 musim di jepang nyookk..
cekidot..



Keadaaan Alam dan Musim di Jepang
Jepang memiliki 4(empat) musim yaitu : haru (musim semi), natsu (musim panas), aki (musim gugur), dan fuyu (musim dingin). Setiap musim mempunyai bagian penting dalam kehidupan orang Jepang.

HARU ( MUSIM SEMI ) 春 ; はる

Musim semi terjadi pada bulan Maret, April dan bulan Mei. Pada permulaan musim semi udara masih terasa dingin. Buah plum, chery dan azalea blossom mekar dengan indahnya di seluruh Jepang. Bunga sakura mulai mekar di Okinawa, dimana tempat ini sudah lebih hangat.



Udara di beberapa daerah sudah mencapai 12 hingga 20 derajat C. Kurang lebih dua bulan bunga sakura berkembang sampai ke Hokkaido Perpindahan bunga sakura yang berangsur-angsur ini dikenal dengan nama sakura zensen. Musim hujan (tsuyu) biasanya berlangsung selama 40 hari.

Musim hujan adalah musim yang penting untuk orang-orang yang bekerja dibidang pertanian.
Pada tanggal 3 Maret ada perayaan yang disebut Hinamatsuri, yaitu perayaan khusus untuk anak perempuan. Tanggal 3 Maret juga disebut Mimi no hi, artinya hari untuk memikirkan kesehatan telinga. Disebut Mimi no hi karena angka tiga bentuknya seperti telinga atau mimi, dan angka tiga pun dibaca mi.


Bulan Maret merupakan bulan berakhirnya sekolah dan tutup tahun anggaran. Pada tanggal 21 Maret disebut Shunbun no hi yaitu hari dimana siang dan malam sama panjangnya.

Pada bulan April udara sudah semakin hangat, walaupun di daerah Hokkaido dan Tohoku masih ada sisa-sisa salju. Di daerah utara yaitu daerah Kanto, bunga sakura sudah mulai berkembang.

Pada tanggal 1 April di seluruh Jepang adalah hari untuk mulai lagi beraktifitas. Para pelajar memasuki tahun ajaran baru, dan para karyawan mulai bekerja pada tahun anggaran baru. Pada tanggal 29 April disebut Midori no hi dan pada hari tersebut merupakan libur nasional.

Pada bulan April ada yang disebut o hanami. O-hanami adalah tradisi musim semi untuk melihat bunga sakura. Bunga sakura mulai berkembang dari daerah yang hangat yaitu dari Okinawa, kemudian Kyushu, Shikoku dan Honshu. Sedangkan di Hokkaido mulai berkembang pada awal bulan Mei. Apabila bunga sakura berkembang orang-orang membawa o-bento, dan o-sake tempat sakura berkembang. Di bawah pohon sakura banyak orang-orang yang makan, minum, jalan-jalan, menari-nari dan bernyanyi bersuka ria. Kurang lebih satu minggu bunga sakura berkembang.

o hanami-an dechhh..


Pada bulan Mei udara terasa segar, dan bulan ini disebut Satsukibare yang artinya hari yang cerah pada bulan Mei. Pada bulan ini yang merupakan libur nasional yaitu pada tanggal 3 Mei, yaitu hari memperingati Undang-undang Dasar atau Kenpo Kinenbi.


NATSU ( MUSIM PANAS ) 夏 ; なつ 

Musim panas terjadi pada bulan Juni, Juli dan bulan Agustus. Namun untuk daerah Hokkaido masih hangat suhunya antara 18 hingga 22 derajat Celcius.

Pada pertengahan bulan Juli, matahari musim panas mulai turun, temperatur naik sampai 30 derajat. Lamanya musim panas berubah-ubah dari satu tempat ke tempat lain : Di Kyushu kira-kira dua bulan, Tokyo kira-kira 45 hari, Kyoto 68 hari . Temperatur musim panas yang sangat tinggi di Jepang membuat ketidaknyamanan hidup dari hari ke hari. Akibatnya orang-orang pergi ke tempat-tempat yang lebih dingin, seperti Hokkaido dan dataran tinggi lainnya untuk
menghindari panas.

Musim panas merupakan musim libur terpanjang sepanjang tahun. Musim hujan pada bulan Juni disebut tsuyu, karena bulan Juni merupakan bulan yang sangat tinggi curah hujannya.

Pada tanggal 24 Juni disebut Geshi yaitu dimana siang hari lebih panjang dari pada malam hari. Pada bulan ini para karyawan dan pegawai pemerintah mendapat bonus tengah tahun. Pemberian bonus kepada karyawan dan pegawai pemerintah berlangsung 2 pekan.

Pada Musim panas mulai terasa panas., sehingga pakaian seragam para karyawan diganti dengan pakaian musim panas. Begitu juga anak-anak sekolah mulai melepaskan jas seragamnya dan hanya memakai kemeja putih Pada bulan ini para karyawan dan pegawai pemerintah mendapat bonus tengah tahun sebesar 5 kali gajih bulanan. Biasanya dalam satu tahun diberikan bonus 2 kali.

Musim panas di Jepang berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus.Dimana - mana masyarakat mengadakan Omatsuri ( festival ) musim panas.Festival musim panas disebut Tanabata.
Malam hari yukata (kimono musim panas) lengkap dengan uchiwa (kipas) dan geta (sandal kayu) adalah busana yang tepat untuk pergi ke festival (natsu matsuri) di Kuil.



Festival ini diramaikan dengan pedagang-pedagang yang berderet di sepanjang jalan yang diterangi ratusan chuochin (lampion). Para pedagang tersebut menjual berbagai macam mainan, omen (topeng), furin (klintingan), penganan seperti wataame (permen kapas) dan kakigori (es serut) atau makanan semacam takayoki (gurita bakar), yakitori (sate ayam), okonomiyaki (sejenis martabak telur yang diisi sesuka kita), yakitomorokoshi (jagung bakar), dll. Selain itu, festival juga diramaikan dengan berbagai permainan tradisional. Di antaranya, yang paling popular adalah kingyo sukui (menangkap ikan mas). Namun, musim panas tisak terasa lengkap tanpa adanya hanabi taikai (festival kembang api).


Hanabi taikai adalah pamandangan yang khas ketika malam hari di musim panas. Tiap tahun, antara bulan Juli dan Agustus, festival hanabi diselenggarakan di tiap-tiap daerah di seluruh Jepang.





to be continued
継続する Keizoku suru

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment