Wednesday, November 14, 2012

cara gampang membuat related post

ehem..ada teman yang menanyakan bagaimana cara membuat related artikel dengan thumbnail seperti yang ada di blog ghina..
kerenz kan kerenz kan.. :D

Bagaimana cara membuatnya ?


salah satu kelebihan cara membuat Related Post ini adalah kita tidaklah membutuhkan pengetahuan tentang teknik mengutak-atik kode HTML. Cukup dengan menggunakan jasa linkwithin.com kita sudah bisa menampilkan Posting Terkait Bergambar.

Opsi tambahannya adalah kalian bisa men-checklist tulisan My blog has light text on a dark background jika blog anda menggunakan template yang berbackground hitam dan tulisan artikelnya putih. Dan biarkan kosong/unchecklist jika background blog kita berwarna terang.

Pada linkwithin.com kita hanya diperintahkan untuk mengisi email, bloglink atau nama blog kita, memilih plattform blog dan menentukan jumlah posting terkait yang akan kita tampilkan di setiap akhir postingan.

Untuk plattform blog, tersedia 3 pilihan yaitu : Blogger, Wordpress dan Typepad. Tapi jangan khawatir, buat blogger yaang berplaform lain seperti joomla, multiply atau yang lain. Karena linkwithin.com anda juga bisa mendapatkan widgetnya walaupun harus sedikit bersusah payah dengan mengutak-atik kode HTML.

Khusus buat yang berplatform blogger, jika data yang diperlukan sudah terisi dengan benar. Klik tombol Get Widget lalu klik Add Widget. Maka widget dari linkwithin.com akan masuk ke bagian sidebar blog (sebaiknya anda harus login dulu ke blogger.com).


ini gambar salah satu tampilan related postnya:


Untuk tampilan yang lebih baik, drag lah widget yang diberikan kebagian bawah postingan (bukan di bagian footer lho). Maka tampilan postingan terkait akan muncul tepat dibawah postingan. sama seperti tampilan di blog ghina..

gampang kan..
 
Eit.... Kelupaan, Jangan lupa disave ya hasil perubahannya..
 

Semoga bermamfaat..
happy blogging..
smangad slalu.. ^_^/
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment