Tuesday, May 8, 2012

watchout zina hati!


“mbak…ana suka si itu..bla bla bla..boleh g mbk? Tapi ana g bilang langsung ke si dia..”

mmm…
akhir-akhir ini emang lagi rame dibahas tentang perkara yang satu ini..dan hebatnya lagi..virus ini [klo boleh dibilang viruss…] juga menyerang mereka yang menjaga hatinya a.k.a yang mendeklarasikan diri untuk tidak berpacaran sebelum akad sah sah sekalipun..

Lalu muncul juga istilah “simpati’..simpan aja dalam hati..juga banyak bertebaran puisi juga syair yang mengisyaratkan kerinduan hati pada si pemegang tulang rusuk atau sang imam yang entah akan dieja dengan apa nama nya..walau tak terbayang rupanya..tapi jelas tertebak sifat-sifat mulianya sebagai harapan sang pujangga..[barusan juga baca syair tentang ini eheh8]


“bukan yang begitu itu termasuk zina hati ya??”
Ada juga ternyata yang bertanya demikian..
Beberapa teman bertanya tentang zina hati ke ghina..Sebenarnya..juga g begitu tau persis kapan suatu
perbuatan itu dikategorikan ‘zina hati’.. pun tak merasa layak untuk menjawab pertanyaan tersebut..secara ghina pun tak jauh lebih baik dan lebih tau dari yang bertanyaaa.. ^_^
Tapi seperti biasaaa..karena ditanya..jadi penasaran buat cari tau..Alhamdulillaah..ada beberapa pemahaman yang ghina dapat dari hasil Tanya mbah google n tanya2 teman2 fb n blog..juga Tanya sana sini tapi g mpe Tanya pak polisi..
*emank nyasaaaarrr.. -_-‘


Apa sich zina hati itu??
Nah nah nah..apa kah itu yang termasuk ‘zina hati’??
Hadist Sahih Bukhari: Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw. beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah menentukan untuk anak Adam mendapat bagian dari zina, tidak boleh tidak. Zina mata melihat (perempuan),zina lidah berbicara dan zina hati mengharap dan menginginkan, hanya anggota kelamin yang menentukan benar atau tidaknya dia berbuat zina." 

sepertinya [masih dengan pemahaman saya yang lemah ini]..Dari situlah [mungkin] sebenarnya munculnya perkataan 'Zina Hati' itu. Mengingat masalah isi hati adalah bahasan yang jauh lebih terperinci dan hanya Allaah saja Yang Maha Tahu..kita bahas dari pemaham akal yang bisa dilogikan saja yaaa.. ^_^

berdasarkan ilmu tasawwuf yang juga hasil Tanya sana sini ini..zina hati dapat diterjemahkan dengan 3 perbuatan, yaitu: berhasrat,berharap,membayangi. Juga ada yang memahaminya sebagai merindui dan mengingini. 

Allaah berfirman.. "janganlah kamu mendekati zina" (al-isra':32)

Ingat juga hadist bukhari yang kita baca di atas tadi..
nah… apa yang dikatakan hadist tadi semuanya menjurus kepada zina dan semuanya dilarang dalam Islam yang menguatkan ayat ini yang menggunakan kata "mendekati".
Kita bisa ambil kesimpulan klo zina hati itu ialah "perasaan dalam hati yang mendorong ke arah perzinaan”.


mmm..klo suka someone lalu terbayang-bayang..apa kah sudah zina hati??

Mencintai..
dicintai..
fitrah manu…si…aaaaa…
[lagunya the Fikr}

Islam adalah agama yang menghormati fitrah manusia. Rasanya semua maklum. Namun fitrah itu juga tidak bisa jadi justifikasi mutlak yang harus diikuti sehingga menimbulkan fitnah. Dalam keadaan ini, perasaan suka pada manusia itu adalah fitrah. Lalu, adakah itu termasuk fitrah yang dilarang atau yg dihalalkan?

perasaan suka kepada seseorang itu bukanlah termasuk zina hati. Hanya termasuk dalam fitrah manusia yang dihormati oleh Islam dan halal jika tidak secara berlebihan 

yang dibilang berlebihan itu misalnya mpe g ingat makan, g ingat minum, sampai tinggal solat, termenung melamun tak karuan dan sebagianya dan teman-temannyaaa…

Walau bagaimanapun juga.., bagi mereka yang menjaga wara'nya ataupun amat takut dengan taqwanya akan bermasalah.. sebaiknya dijauhi. walaupun perasaan itu tidak haram..tapi ia berpotensi besar merusak kesempurnaan ibadah seseorang dan kesucian hati.


Jadi..apa saja yang termasuk dalam zina hati?
Perasaan suka juga termasuk dalam zina hati.
lhaaa…tadi katanya g termasuk..??
tu tadi, nie sekarang…hahaha

‘suka’ menjadi dilarang jika ia membawa pelakunya pada tahap terbayang2 pada sang pujaan..
Inilah yang ditafsirkan oleh hadis tadi sebagai membayangi. Membayangkan seseorang yang kita suka bahkan katanya hanya dengan melihat hal yang disukai pujaan hati..bisa terbayang jelas wajah nya lengkap dengan senyum khas nya..dowhhhhh….

Lebih2 lagi jika kita membayangi aurat si dia. Jelas…termasuk dalam zina hati. Maka statusnya  HARAM dan dilarang keras dalam Islam.

so frenz fillaah…
Sesuatu yang bisa kita jaga..maka jaga lah sampai tetes darah terakhir...[beudhhhh..]
Begitu juga perkara2 yang dikatakan halal dalam islam tapi pada tahap tertentu bisa berubah status jadi haram.. Sekiranya kita mampu untuk menjauhkan diri dari perkara tersebut.., jauhi lah dan jagalah diri dan hati kita..
Mari belajar dari kisah Imam Syafie' Ketika dia mengadu kenapa pada hari itu dia susah untuk mengingat hafalannya. Ketika ia disuruh mengingati dosanya, lalu ia teringat tatkala dalam perjalanan, dia TER-lihat betis seorang wanita yang kainnya ditiup angin. [TER-… berarti tidak disengaja kan tu??]
Seperti kita maklum, pandangan pertama itu bukanlah haram, tapi walaupun halal, tetap saja mendatangkan kesan di hati..bukan kah dari mata turun ke hati..??

nah..begitu juga klo nampang foto di fb..klo TER-lihat, kan kasian sama yang TER-liat.. :D

Tak ada yang salah dengan perasaan..yang salah itu sesuatu yang lain yang lahir dari hasil memelihara perasaan


Jadi..bolehkah aksi SIMPATI??
Silahkan jawab sendiri dari nurani.. ^_^
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment