Friday, November 25, 2011

bakti guru tuk anak bangsa...



“aku anak Indonesia..
mata ku kugunakan untuk belajar..bukan untuk mencontek..
otak ku ku isi dengan pengetahuan yang bermanfaat..
aku ringan tangan, menolong sesame..dan bertanggung jawab…”


 
itu sekilas iklan layanan masyarakat dari kemendiknas yang ghina liat tayang di tivi selasa pagi lalu..
bener2 suatu potret ideal seorang anak bangsa ya…tapi nyatanya..??
itu Pe.er besar buat kita semua..tak hanya guru di sekolah..TAPI KITA SEMUA

di suatu kajian shubuh di tivi swasta..Ust. SolMed pernah manganalogikan kemampuan seseorang dg angkutan..ia menganalogikan nya seperti ini:
manusia lemah >> bajaj
manusia kuat >> container

dianalogikannya..ketika seseorang mampu menjadi pribadi yg seperti container..maka ia akan mampu menampung banyak hal sekaligus semua masalah hidup..
“klo pake bajaj..barang yang bisa kita angkut paling ada dua tiga pikul..itu pun udah oleng sana oleng sini..tapi klo kita pake container..jangan kan barang dua tiga pikul..orang yg mikul pun bisa ikut diangkut…ruang kerjanya juga beda kan..klo bajaj biasa hanay bertahan di jalanan sepi dan lorong2 becek..tapi lihat container..tak ahanya domestic..ia pun mampu mengarungi banyak lautan..”
“klo mw jadi pribadi container itu gimana ustad?” Tanya seorang jama’ah..
“Jadi lah orang yg paling bersabar di tiap ujian..”

Nah..balik ke masalah anak bangsa tadi itu… *ceilaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh…
Masih ingat kita berapa jumlah anak didik yang bunuh diri ato frustasi hanya karena g lulus UN…dowhhhh…
Cuma g lulus UN duank euyyyy…dah buat kiamat dunianyaaa… -_-“

Owhhhh ohoho8 ternyata kita hanya baru nyampe standar bajaj..ato mungkin lebih parah lagi kita Cuma
‘Becak’…mmm
Klo ternyata begitu..wajar klo anak2 kita stress waktu ngadapi ujian..g pe.de ngejawab soal lalu nyontek jadi pelarian..ato remedial jadi alasan..”nyantai aja lah belajarnyaaa..ntar juga ada remid..kadang bisa take home..”
Ckckck -_-“

Seperti di awal..ghina bilang ini pe.er bersama..bukan Cuma gawe guru di sekolah..bukan bermaksud membela guru krn ghina juga guru lho ya ini…tapi cermati lagi banyak kasus di dunia pendidikan saat ini..
Misal: butuh berapa duit biar anak kita bisa masuk SMP favorit di tempat kita??
Itu baru SMP..gimana SMA nya nanti?? Kuliah?? Kerja??
Patut lah klo korupsi jadi lingkaran syetan yang tak habis kan klo gini…
Herannya..orang tua yg ghina pernah temui..malah merasa bangga dg sang anak..padahal udah jelas si anak g punya kompetensi utk hal yg orang tuanya banggakan..jadi terkesan klo ber-sekolah di tempat ‘wah’..prestise keluarga juga ikut ‘wah’…naudzubillaah…
Sementara..ada banyak anak di pedalaman yang punya niat dan semangad belajar kuat namun terkendala masalah dana..mmm Indonesia..
Ingat juga tentang ‘tim sukses’ ketika UN..
Ohoho8 g sepenuhnya kesalahan ada di guru sebenarnya..para orang tua siswa juga punya tuntutan yg luar biasa bikin stress pihak skolah..ketika sang anak gagal di UN..maka guru lah yg disalahkan..padahalkan yang ujian itu ‘siswa’ kan..bukan ‘guru’ kan..




Kewajiban guru mengantarkan sang anak ke gerbang ujian..tak lupa membekalinya dengan persiapan yang lengkap..ketika tiba masa nya..maka sang anak ‘Harus’ bjuang sendiri..sang guru mendoakan
Ternyata oh ternyata..banyak yg takut..sang anak takut gagal lalu g pe.de..guru nya pun takut sang anak gagal lalu tak percaya kemampuan sang anak..orang tua pun takut anak gagal lalu merusak nama keluarga..alhasil..mmm u know lah..

Eheuuuwww..ternyata kita kurang semangad ya..g berani ngadapi tantangan..apa lagi masalah..sementara masalah itu lah yg menjadikan diri berdiri penuh arti..

Lalu..masa iya sich kita mau terusan bertahan di bajaj…bertahan di ruang nyaman dengan fasilitas yg terkadang tidak untuk kita diperuntukan..




now on...hayyyooowww para bapak ibu guru..tak cukup ternyata menurunkan ilmu..mariii...tularkan semangad kita tu para Anak bangsa tercinta...
*ohoho8

not just about teaching..but more to educate..



smangad slalu... ^_^/ 

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment