Sunday, September 18, 2011

begini klo mw jenguk si sakit.. ^_^21


"syafakillaah ya..moga sakitnya menggugurkan dosa2.."

ehhe8
sebenarnya..ketika saya di posisi si sakit..agak rada kurang gimnaaaa gitu denger kalimat serupa di atas.. :D

tak salah memank..ghina juga pernah tau ada riwayat ttg teori klo sakit itu penggugur dosa..

Dalam sebuah hadis Bukhari diriwayatkan bahwa suatu ketika Abdullah bin Mas’ud r.a. menghampiri Rasulullah yang tengah sakit. Saat itu ia meraba tangan rasul sambil berkata, “Ya Rasulullah, penyakit Anda sangat berat.” Rasulullah memberikan jawaban, “Benar, penyakit saya ini sama dengan penyakit dua orang di antara kamu.” Abdullah menjawab lagi, “Itulah sebabnya Anda mendapat pahala dua kali lipat.” Segera Rasul membalas, “Benar!” Dan dilanjutkan dengan sabdanya lagi, “Setiap orang Islam yang mendapat bencana penyakit dan lain-lain, maka Tuhan menggugurkan (mengampuni) kesalahan-kesalahannya, sebagaimana pohon kayu menggugurkan daunnya.

tapi kog jadi minder yakkk...tuinx tuinx
berasa ghina orang paling banyak dosa secara plg sering sakit mpe opname..trus yg jenguk terasa bak para malaikat yg akan menghakimi ghina..hufhhh
*eheh8 abaikan

tapi lebih feel relief klo di kalimatnya bisa dimodifikasi lbh cantik..misal bilang..: "yang sabar ya..orang sabar disayang Allah..klo sabar brarti bisa cepat sehat lagi.."
*gitu kan lebih menenangkan eheh8

 ***

kenapa perlu menjenguk yg sakit??
>>Tsauban radhiaallahu ‘anhu bekas budak rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda : “barang siapa yang menjenguk orang sakit maka dia senantiasa berada di taman kurma di surga sampai di kembali (ke rumah)”.
(HR. Muslim (2578), Ahmad (21868) dan At-Tirmidzi (967).)


adab menjenguk yg sakit..
1. Bersikap sopan dan ramah
2. Memakai pakaian yang layak, sopan dan tidak mengundang syahwat
3. Memberikan bantuan jika dibutuhkan
4. Tidak mengganggu pasien dan penunggunya di rumah sakit atau klinik
5. Jangan berkunjung jika yang sakit sedang tidur atau istirahat
6. Mendoakan si sakit agar cepat lekas sembuh
7. Niat berkunjung dengan ikhlas dan dengan itikad yang baik pula
8. Tidak membawa makanan yang dilarang bagi si sakit
9. Tidak menakut-nakuti yang sedang sakit akan penyakit yang diderita
10. Tidak melakukan tindak kejahatan
11. Menghibur si sakit
Apabila orang yang kita kunjungi sedang sekarat dan seorang muslim maka ada baiknya kita bantu mengingatkan untuk mengucapkan dua kalimah syahadat "laa ilaaha illalaah".

 
boleh kah menjenguk teman yg bukan mahram??
>>Mengunjungi laki-laki yang sakit boleh bagi wanita walaupun mereka bukan mahram mereka, akan tetapi hal itu disyaratkan apabila aman dari fitnah, adanya sitar (hijab), tidak adanya khalwat (berdua-duaan), maka apabila syarat-syarat ini ada maka mengunjungi laki-laki yang sakit yang bukan mahram boleh bagi wanita dan demikian pula sebaliknya.
beberapa hadist ttg ini yaitu HR. Al-Bukhari (5654) dan beliau memberikannya bab : bab kunjungan wanita kepada laki-laki yang sakit, dan Ummu Ad-Darda’ mengunjungi seorang laki-laki yang sakit dari kalangan sahabat yang tinggal di masjid dari kalangan Al-Anshar. dan Muslim meriwayatkan hadits ini juga (1376) tanpa menyebutkan kunjungan Aisyah radhiallahu anha kepada keduanya (Abu Bakar dan Bilal). Dan Ahmad (23839), dan Malik (1648).
Tapi sepertinya..perlu juga bersikap bijaksana..mengingat tingkat ke.ge.er.an ikhwan-akhwat lumayan besar klo akhwat dikunjungi ikhwan ato sbaliknya..eheh8
Yaaaa…jaga jaga.. :D


doa utk yg sakit
1. "mudah2an tidak apa2..mudah2kan dapat mensucikan insyaallaah.."
     >>HR. Al-Bukhari (3616).
2. "ya Allaah..sembuhkan lah  fulan/ah.." sekali ato mpe tiga kali.. 
     >> HR. Al-Bukhari (5659), Muslim (1628) dan Ahmad (1443), dan At-Tirmidzi (2116), An-Nasaa’i     (3616), Malik (1495) Ad-Darimi (3196)
3.“Saya Memohon Kepada Allah Yang Maha Agung Penguasa Arsy Yang Agung Agar Berkenan Menyembuhkanmu” Sebanyak Tujuh Kali. 
     >> HR. Ahmad (2138), At-Tirmidzi (2083) dan Abu Daud (3106) dan lafazh ini dari beliau, dan Al-Albani menshahihkannya.


sumber:
http://achoey.wordpress.com/2008/01/24/sakit-sebagai-lahan-sabar-dan-tafakur/
http://kautsarku.wordpress.com/2008/09/04/kitab-al-adab-adab-menjenguk-orang-sakit/
http://organisasi.org/adab_berkunjung_mengunjungi_orang_sakit_tata_cara_yang_baik_menjenguk_orang_sakit_di_rumah_rumah_sakit_dsb_tips_umum
http://insandhoifhijrah.multiply.com/journal/item/201/Sakit_itu_Menggugurkan_Dosa

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment