Thursday, September 29, 2011

'kotak' hidup kita

beberapa waktu yg lalu..pernah ikut training motivasi..
diberikan api2 semangad yg membuat kita yakin akan sgalal sesuatu kan dapat di hari satu hari nanti..

ghina liat lagi daftar keinginan 'gila' ghina waktu itu..

2010 punya kerja mapan..
februari 2010..genap dien..
tengah 2010 lanjut S2
akhir 2010 umroh
awal 2011 punya rumah n mobil merk terrios
dll dsb bla bla bla..


wkwkkw asli ngakak sendiri waktu baca daftar 'gila' itu..ehhe8

pas dicheck..hanya beberapa yg terwujud..dan luar biasanya..itu lebih dari 75%..alhmdllh.. ^_^21

yaaa..wlw g smuanya persis sama dg gambaran di kepala ghina waktu itu..kek mobil..merk nya belum terrios..
*b.e.l.u.m


smangad luar biasa itu memank mampu membuat lelah menyingkir..pesimis mangkir..optimis mampir..
tapi ghina pribadi seakan terlupakan satu hal yg sudah 'setia' menemani ghina dr dulu2 itu..
's.a.k.i.t'

ghina anak sulung di rumah..tapi diperlakukan seperti anak bungsu saja...mmm -_-"
bunda bilang..ghina anak mahal..g boleh ini itu tanpa izin..ke mana2 harus tau main dg siapa..nope teman2 juga harus ada sama bunda..jd klo ada apa2..ato pulang telat..maka teman2 lah yg lebih awal ditelpon..ehhe8

di rumah..cukup makan tidur tanpa dibebani pekerjaan rumah seperti kebanyankan anak cewek seusia ghina..bisa diitung lah brapa kali ghina bantu cuci piring..
'bantu'..bukan beneran ghina yg cuci piring.. :D

kadang emank rasa risih..
hellowww..I'm 23 years old right now..
tapi ternyata..ghina nya jg g mampu lepas dr perhatian bunda..
"lagi sakit aja baru diam di rumah.." ehhe8 gerutuan yg dah sering sangad mpe hafal..sampai2 klo cuma g enak badan..ato sakit g parah2 amat..g mw bilang ke bunda..

ya..anak mahal yg butuh perawatan spesial..eheh8


***


cukup itu intro nya.. :D
sebenarnya..mw bahas sesuatu yg lebih serius lagi..

kemarin..ada baca2 hadist..
*tumbeennnnn...

hadist itu hampir mirip2 lah dg kejadian yg ghina tulis di intro tadi..


“Dari Abdullah bin Mas'ud ra. berkata, “Nabi saw membuat garis persegi empat, dan ia menggaris (pula) di tengah yang keluar dari padanya. Lalu ia menggaris (lagi) beberapa garis kecil menuju ke garis yang di tengah ini dari sampingnya, yang berada di tengah. Lalu beliau bersabda,” Ini manusia, dan ini ajalnya yang mengelilinginya, dan garis yang keluar ini adalah cita-citanya, Adapun garis-garis kecil ini adalah harta benda. Dan jika ia terhindar dari yang ini, maka ia akan terkena yang ini.” (HR.Bukhari).



Rasulullah dalam hadits riwayat Bukhari di atas menggambarkan posisi manusia, kematian dan keinginannya dengan cara mengilustrasikannya dalam bentuk garis dan gambar, agar mudah dipahami.





singkat ya hidup ini..hanya sekotak itu duank..

sring kali yg kita pikirkan itu..garis panjang yg entah kapan ujungnya..
tapi kita terbuai garis pendek yang akhirnya melupakan keberadaan kotak yg nyata adanya..
mmm..merugilah manusia..


”Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai (kamu) masuk ke dalam kubur.” (QS.At-Takatsur:1-2).

”Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya).” (QS. Al-Hijr:3).

Rasulullah saw. menggambarkan sifat manusia dalam kecintaannya kepada harta benda dan ketidakpuasannya sebagai berikut: “ Jika anak Adam memiliki dua lembah dari emas, maka masti ia akan mencari lagi lmbah yang keiga Tidak akan ada yang dapat mengisi perut anak Adam selain dari pada tanah. Dan Allah akan memberi taubat (mengampuni) terhadap orang yang bertaubat.” (HR.Bukhari melalui sahabat Ibnu Abbas ra).

Suka tau tidak semua harapan harus dihentikan sampai disini.' harapan dan impian akan terpotong begitu saja dengan datangnya kematian.

“ Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. (QS.Ali Imran:185).






smangad slalu.. ^_^/

Sunday, September 18, 2011

begini klo mw jenguk si sakit.. ^_^21


"syafakillaah ya..moga sakitnya menggugurkan dosa2.."

ehhe8
sebenarnya..ketika saya di posisi si sakit..agak rada kurang gimnaaaa gitu denger kalimat serupa di atas.. :D

tak salah memank..ghina juga pernah tau ada riwayat ttg teori klo sakit itu penggugur dosa..

Dalam sebuah hadis Bukhari diriwayatkan bahwa suatu ketika Abdullah bin Mas’ud r.a. menghampiri Rasulullah yang tengah sakit. Saat itu ia meraba tangan rasul sambil berkata, “Ya Rasulullah, penyakit Anda sangat berat.” Rasulullah memberikan jawaban, “Benar, penyakit saya ini sama dengan penyakit dua orang di antara kamu.” Abdullah menjawab lagi, “Itulah sebabnya Anda mendapat pahala dua kali lipat.” Segera Rasul membalas, “Benar!” Dan dilanjutkan dengan sabdanya lagi, “Setiap orang Islam yang mendapat bencana penyakit dan lain-lain, maka Tuhan menggugurkan (mengampuni) kesalahan-kesalahannya, sebagaimana pohon kayu menggugurkan daunnya.

tapi kog jadi minder yakkk...tuinx tuinx
berasa ghina orang paling banyak dosa secara plg sering sakit mpe opname..trus yg jenguk terasa bak para malaikat yg akan menghakimi ghina..hufhhh
*eheh8 abaikan

tapi lebih feel relief klo di kalimatnya bisa dimodifikasi lbh cantik..misal bilang..: "yang sabar ya..orang sabar disayang Allah..klo sabar brarti bisa cepat sehat lagi.."
*gitu kan lebih menenangkan eheh8

 ***

kenapa perlu menjenguk yg sakit??
>>Tsauban radhiaallahu ‘anhu bekas budak rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda : “barang siapa yang menjenguk orang sakit maka dia senantiasa berada di taman kurma di surga sampai di kembali (ke rumah)”.
(HR. Muslim (2578), Ahmad (21868) dan At-Tirmidzi (967).)


adab menjenguk yg sakit..
1. Bersikap sopan dan ramah
2. Memakai pakaian yang layak, sopan dan tidak mengundang syahwat
3. Memberikan bantuan jika dibutuhkan
4. Tidak mengganggu pasien dan penunggunya di rumah sakit atau klinik
5. Jangan berkunjung jika yang sakit sedang tidur atau istirahat
6. Mendoakan si sakit agar cepat lekas sembuh
7. Niat berkunjung dengan ikhlas dan dengan itikad yang baik pula
8. Tidak membawa makanan yang dilarang bagi si sakit
9. Tidak menakut-nakuti yang sedang sakit akan penyakit yang diderita
10. Tidak melakukan tindak kejahatan
11. Menghibur si sakit
Apabila orang yang kita kunjungi sedang sekarat dan seorang muslim maka ada baiknya kita bantu mengingatkan untuk mengucapkan dua kalimah syahadat "laa ilaaha illalaah".

 
boleh kah menjenguk teman yg bukan mahram??
>>Mengunjungi laki-laki yang sakit boleh bagi wanita walaupun mereka bukan mahram mereka, akan tetapi hal itu disyaratkan apabila aman dari fitnah, adanya sitar (hijab), tidak adanya khalwat (berdua-duaan), maka apabila syarat-syarat ini ada maka mengunjungi laki-laki yang sakit yang bukan mahram boleh bagi wanita dan demikian pula sebaliknya.
beberapa hadist ttg ini yaitu HR. Al-Bukhari (5654) dan beliau memberikannya bab : bab kunjungan wanita kepada laki-laki yang sakit, dan Ummu Ad-Darda’ mengunjungi seorang laki-laki yang sakit dari kalangan sahabat yang tinggal di masjid dari kalangan Al-Anshar. dan Muslim meriwayatkan hadits ini juga (1376) tanpa menyebutkan kunjungan Aisyah radhiallahu anha kepada keduanya (Abu Bakar dan Bilal). Dan Ahmad (23839), dan Malik (1648).
Tapi sepertinya..perlu juga bersikap bijaksana..mengingat tingkat ke.ge.er.an ikhwan-akhwat lumayan besar klo akhwat dikunjungi ikhwan ato sbaliknya..eheh8
Yaaaa…jaga jaga.. :D


doa utk yg sakit
1. "mudah2an tidak apa2..mudah2kan dapat mensucikan insyaallaah.."
     >>HR. Al-Bukhari (3616).
2. "ya Allaah..sembuhkan lah  fulan/ah.." sekali ato mpe tiga kali.. 
     >> HR. Al-Bukhari (5659), Muslim (1628) dan Ahmad (1443), dan At-Tirmidzi (2116), An-Nasaa’i     (3616), Malik (1495) Ad-Darimi (3196)
3.“Saya Memohon Kepada Allah Yang Maha Agung Penguasa Arsy Yang Agung Agar Berkenan Menyembuhkanmu” Sebanyak Tujuh Kali. 
     >> HR. Ahmad (2138), At-Tirmidzi (2083) dan Abu Daud (3106) dan lafazh ini dari beliau, dan Al-Albani menshahihkannya.


sumber:
http://achoey.wordpress.com/2008/01/24/sakit-sebagai-lahan-sabar-dan-tafakur/
http://kautsarku.wordpress.com/2008/09/04/kitab-al-adab-adab-menjenguk-orang-sakit/
http://organisasi.org/adab_berkunjung_mengunjungi_orang_sakit_tata_cara_yang_baik_menjenguk_orang_sakit_di_rumah_rumah_sakit_dsb_tips_umum
http://insandhoifhijrah.multiply.com/journal/item/201/Sakit_itu_Menggugurkan_Dosa

tentang sebuah kesempatan..


Setelah disibukan argument seorang sodara tentang puasa yang bolong di Ramadhan ini..akhirnya buat keputusan sendiri eheh8

Yayayyaaa…
Tidak bermaksud mengabaikan semua jerih payah sekian orang responden yg sempat dikirimi sms pertanyaan ttg bolong nya puasa Ramdahan kali ini..sungguh sangad berterima kasih atas keberkenaannya membalas sms pertanyaan dari ghina..
Syukron jazakumullah khoir..jazakumullah khoiru jaza.. ^_^21

Tapi..kembali berpikir tentang sebuah kesempatan..
Yupz..kesempatan

Teringat diawal jelang ramdhan ini..sempat menulis kalimat di status FB: ‘jika ini ramadhan terakhir ku’
Allaahu robbiy…kenapa harus berpikir rentang waktu yg tiga bulan itu, ghinaaaa…
Bagaimana klo ini Ramadhan terakhirmu, huh??

Ishhh..merasa so stupid mikir qadha puasa… -_-“
Iya klo umur ini nyampe tiga bulan ke depan..klo g??
Ahhh..tak ada yang mampu membeli kesempatan kan..ia juga tak kan kembali walau dirayu sedemikian rupa ato dikasi depositonya pak nazaruddin secara Cuma2 sekalipun..eheh8
Dan saya…
mmm...ckckckck saya nyaris menjual kesempatan ramadhan saya kali ini dengan 3 buulan ke depan yg jelas2 belum tentu akan saya miliki..hufhhhh

Sekalipun mereka memvonis jatah menghirup oxygen itu sekian bulan ato sekian tahun ke depan..tapi bukan berarti juga kita berserah lalu menghabiskan sisa waktu yang tentu saja masih sempat kita isi dg hal2 yang jauh lebih menarik dan berguna ketimbang berbaring manis dan minum obat rutin di kamar rawat inap..
So stupid..
Haaaa…cetek sangad dah pikiran loe ghin..!!!

“hari ini berbuat baik..moga esok syahid”



Senin, 8/15/2011
10.56 pm


Saturday, September 17, 2011

agar tak tersisih..walau letih tertatih meniti..


“klo ada alat kek microscope..dan kita pake buat melihat seberapa besar iman kita sesungguhnya di hati-hati kita..mmm” sang ustadzah berhenti sejenak. Lalu hening.
“SEBERAPA BESAR KEIMANAN KITA SESUNGGUHNYA??” kali ini nada suara nya sedikit naik dari biasa.

Glekz.
Swiiiiinggggg…
Peserta tahsin hari itu yg biasanya berkicau tak henti mendadag sakit gigi..ckckckck
*saye pun..hufhhh

Tak bisa membantah perkataan yg meluncur makin deras dari lisan bijak sang ustadzah petang itu.
“nt yakin masuk syurga dg jilbab panjang nt hari ini? Dengan padatnya agenda..dengan sibuknya nt sampai tak memiliki waktu tuk menghabiskan setidaknya 1 juz … apa lagi menghafal ayat-ayat-NYA...??”
Duwhhh Robb..makin g kuat dengarnya.
“pakaian nt..tak kan membuat wajah nt bersinar tuk bisa menghadapNYA, ukhtiy fillah..banyaknya agenda tak kan bisa menolong nt ketika melewati shirat NYA..”
Mulai dahhh..hiks hiks

“tapi bacaan Quran nt bisa.”

Hening lagi diselingi sesegukan.
“bacaan dan hafalan Quran nt lah yg membuat wajah berseri hingga layak tuk menampakan diri di hadap NYA..hafalan nt lah yg meringankan meniti jalan walau hafalan kita tertatih..”

Benar.

“klo muslim itu ibarat pohoh..maka ia harus berbuah dan selanjutnya menyemai benih lagi..kalo ia lebah..maka tak cukup terhenti sebagai lebah pekerja,,jadilah sang ratu yang  diikuti ke mana pergi..”

mmm…

“tak cukup penampilan tapi tanpa isi..bacaan Quran tertatih..”
“tak cukup agenda dakwah sana sini tapi ruhiyah tak terisi..lalu madu seperti apa yg nt tawarkan ke mereka di luar sana, ukhtiy..???”

***

Mungkin benar, sang ustadzah mengekspresikan marahnya krn pertemuan sebelumnya tak bisa terselenggara krn ada agenda tak biasa kala itu..
Mungkin juga tak perlu terlalu didengar lalu mengusik hati hingga membatasi gerak diri di luar..dan menggantikannya dg perbaikan diri tanpa banyak berkoar mengingat  kata-kata tersebut keluar dr seorang ustadzah yang memang tak se-jamaah..
Tapi tetap saja..Semua itu benar.

Lihatlah aku..
tak ku bilang ‘kalian’, kawand..
Moga cukup aku  yang berjuang tanpa keadaan ruhiyah yang tak terjaga..
yang jika tak segera diubah..kan menyebabkan petaka di rumah kita..
maaf juga mengganggu kerja dan menghambat turunnya pertolongan Allaah krn niatan yang entah ke mana arahnya..

teruslah bergerak kawand..
doakan juga aku tetap istiqomah..
doakan ku segera memperbaiki diri dengan terus bertahan di jalan ini..
doakan agar kita semua tak tersisi..walau letih tertatih meniti..




Curup, 28 juni 2011

Friday, September 16, 2011

klo Tuhan pergi liburan..


slasa lalu ngeluh waktu makan malam di rumah..
cerita tentang sekolah sama keluarga..
"besok malez datang pagi..mau tidur lagi aja abiz shubuh..ayuk yang paling jauh dari sekolah..masa ayuk teruz yang buka kunci kantor..teman2 dari linggau datang siang semua..jam 8 lewat baru nongol..sebel, huhh"
*asli kmrn tu kesal sangadd..huhfffff >.<

harapan sich ada yang belain bangun telat..tapi ternyata..harapan itu tak ada eheh8
ayah langsung komen, "yang pantas nilai kerja kita tu hanya Allaah dan orang beriman"

glekz.

rasanya lebih sakit dijitakin langsung daripada dikomentari dengan kalimat singkat kek gitu..mmm

***


"klo Tuhan pergi liburan.."

eheh8 sebenarnya itu dialog di film 'bruce almighty"..
cerita tentang orang yg sial teruzzz..truz maki2 tuhan krn kesialannya..
jadi Tuhan tantang dia utk menyelesaikan tugas Tuhan..dan Tuhan bilang ia akan [ergi liburan..ixixix

film komedi emank tu..Tuhannya diperankan aktor kulit itam malah..ahaha8
di dunia aja org kulit putih ogah diperintah orang kulit itam..apa lagi jadi hamba..ckckckk

manusia tu emank hobi keluh kesah..tempat khilaf dan salah..
*justifikasi :D

dari manusia pertama pun..kita dah belajar ngeluh.. "Allaah..aku sendirian..masa g ada teman tempat berbagi..."
padahal waktu itu dah hidup berkecukupan..tapi syetan yg godain..mmm
*mulai dech nyalahin syetan..eheh8

pas jam sibuk..ngeluh kapan istirahat..
dah libur panjang..masih ngeluh juga..
"cepat sangad dah masuk kerja lagi.."

kerja dikit..bilang capekz..
kerja sendiri..merasa dizhilomi..

Allah aja g pernah minta libur..padahal kerjaan NYA bisa diwakilkan malaikat-NYA..

Allaah aja g pernah ngeluh..walau dah kasi banyak ke sang hamba..tapi dicuekin hamba yang
berlagak tak bersalah pula lalu protes.. "Allaah..apa salah dan dosa ku sampai dapat musibah sebegini rupa..uhuhuhuhu"


mmm..tulisan ni jadi makin ngawur ke mana2..afwan..

istighfar istighfar...


ketika Conan berbagi trik rahasia

 taraaaaaaaaaaaaaa...ini dia photo pacar ghina...ahahah8
*tunx tunx


















eheh8 ada banyak kegilaan ge.je akhir nie...rame yg nikah..rame guyonan..ahahaa8

ini aja nah misalnya..berbagai ekspresi narsis yg keluar sbg jawaban nyeleneh dari pertanyaan yg juga ge.je itu..
ahah8 apa lagi klo bukan : nah..kamu kapan nyusul ngundang2 nie...?
Mbk ABC : saya mah lagi nungguin pangeran ber-honda jazz putih...
*matre dikit ternyata.. :))

Mbk DEF : taun depan!. (wehh..mantabbb..menyakinkan) si doi lagi ikut WaMil (=wajib militer)..taun depan dah pulang..
*wkwkwk ini korean lovers ckckck

Mbk GHI : calon abi lagi ngantar nasi ke palestine..
*tipe pejuang sjati ahahayyy.. :D

ehem. ini versi ghina.. : pacar ghina lagi banyak kasus yg mesti diseleseiin segera krn menyangkut nyawa seseorang dan hajat hidup orang banyak.
*wkwkwk bayangin shinichi tuinx tuinx

ahhah8 yg penting hepiii...xixiixi


***

balik ke status ghina beberapa hari lalu..
sebenarnya tu ditanyain sorang kawan.. : msh suka aja ma conan-kun..hari gini mah anak cewek gila ma boyband korea..

sebenarnya juga bisa jawab simple lah ya..cukup jawab gini : kan yang 'gila' mereka..ghina mah masih 100% waras..ohoho8

tapi juga jadi kepikiran..mmm knp juga g bosan2 ma karakter manga and anime yg itu2 aja..dari dulu2..mungkin aoyama ghoso dah jadi kakek2 juga ya hr ini..ehhe8

satu hal yang pasti yg buat suka..
apa itu??
bisa langsung ketebak klo liat gambar ini.. ^_^21


eheh8..
bukan suka wajah bingung nya..tapi suka kerja keras nya klo lagi nangani kasus.. :D

jadi..bagi ghina..tokoh hasil imajinasi aoyama itu..adalah sosok yang luar biasa mampu menahan diri untuk tidak berburuk sangka.."keep husnudzon mode : ON"

conan-kun memank akan mencurigai semua orang yang diperkirakan terlibat dalam suatu kasus..tapi kecurigaan tsb tak terhenti sebatas 'dzon' saja..ia akan mencari bukti yang menguatkan seberapa kuat pun alibi yang ditunjukan tiap orang yg dicurigai..jadi..kecurigaan itu cukup berhenti sebatas kewaspadaan akan segala kemungkinan..
*jadi..jauh beda dengan 'kecurigaan' gaya ghina..eheh8

dan lagi..conan-kun itu..klo kecurigaannya ternyata belum terbukti..ia g akan langsung mengungkapkan perkiraannya..skalipun sebenarnya perkiraannya itu mutlak benar..
tak ada  bukti..maka tak ada keputusan pasti..tak ada kesimpulan akhir

conan juga tak cukup puas hanya dengan melihat dari satu sudut pandang dan pendapat orang saja..
klo g gitu..pasti beberapa kasus g masuk akal dah ia sepakati sbg kejadian mistik ato kutukan roh leluhur..
"di dunia ini g ada hantu" tu kata heiji.. :D
maka..conan dengan sabar, telitinya, smangad dan antusias tuk 'mendengarkan' smua penjelasan tiap orang yg ia anggap perlu dimintai keterangan..skalipun ujung2 nya dihadiah jeweran oleh kogoro tidur..eheh8


nah..klo kita kan g tu.. (ghina aja lah...g usah pake 'kita')


nah..klo ghina kan g tu..
skali mencurigai..heuwwww...langsung dah bilang kesimpulan akhir..
klo dia jawab 'g' skalipun masih ngotot bilang : hayyooowww ngaku kamu..!!
*wkwkwk sadizzz...

udah gitu..klo dapat kasus (=baca gosip baru)..langsung adjaaaah ngungkapin kesimpulan yg entah ada ato g ada bukti yang nyata..dan dalam tempo yang sesingkat2nya..tersebarlah sebuah perkara ahaha8
*dont try diz @humz yaaa.. :D


nah..yang juga suka serial conan akan tw kalimat apa yang  diucapkan conan dengan ekspresi kek gambar di atas kan.. ^_^21
"kebenaran pasti akan terungkap!! THERE IS ONLY ONE TRUTH!!" (edogawa conan/kudou shinichi)

ghina juga punya kalimat andalan eheh8
*pamerdikittakapalahya

"kebenaran tak akan terungkap bila ditelusuri dari dan terhenti di pintu kecurigaan" (ghina shafirah elbankulani)


***

ehem ehem..
tp Rasulullaah tetap idola sesungguhnya ya frenz fillaah..
smangad slalu.. ^_^/

ini jaketku..mana jaket mu??


Sore kemarin jadi illfeel sendiri ahha8 aneh2 adjaah..

“yuk, ambo tadi naik ojek kawan ayuk?” bgitu kurang lebih laporan adk bungsu ghina pulang renang ahad kemarin..
“ha?? Siapo??”
“dag tau..tapi nyo pake jaket ***** ayuk tu nah..”
Glek..masih g percaya..masa iya ada teman ikhwan yg ngojek..mmm
“salah tengok kali tu..mirip b jaketnyo tu..” masih mencoba membela..ehhe8
“dag e..samo nian jaketnyo tu..ambo baco tulisan di blakang jaket tu..bla bla bla…”

Hadewhhhh..jelaz sudah tu jaket yang sama yg pernah ghina pake di kampus..skarang pun masih sesekali dipake klo ada kegiatan teman2 mahasiswa..

Menulis ini..tak bermaksud merendahkan profesi tukang ojek..sama skali g ada maksud gitu..tapi ghina menyayangkan sangad sangad klo ngojek pake kostum  ‘jaket kebanggaan’..
Helloooowww…hula hulaaaa…jaket yang pake lambang organisasi..apa pun itu..pastinya juga adalah atribut yg slanjutnya menjadi ‘ciri khas’ organasasi tersebut..iya kan kan kannnn…
Nah..apa jadinya klo dipake sembarangan ke lokasi2 yang seharusnya emank g perlu lah pake jaket itu..??
Ato..bisa aja kan sebenarnya yang ngojekin adk ghina itu bukan ikhwan teman ghina..tapi mungkin paman nya..kakaknya..ato siapalah yang kebetulan aja dapat warisan jaket..dan sbagai tanda sukanya..jadilah ia pake tu jaket ke mana2 termasuk ngojek..
*masih keep huznudzon..eheh8 :D

Masalah slanjutnya adalah..gimana klo ternyata..pas ngojek..penumpangnya itu cewek yang gimaaaa gitu…trus kan diliat sama junior2 dari pemilik resmi jaket kebangsaan itu..mmm..runyammm juga kan tu..
Kek adk ghina aja nah..langsung smangad nglapor klo dia di-ojek-in kakak ikhwan…heuwwww
*-_-“

Teringat suatu percakapn di film three idiots..si ranchad bilang, “ sekolah itu g perlu harus terdaftar..yang penting kamu punya seragam..maka kamu terdaftar sebagai siswanya.”

Nah..balik lagi ke masalah jaket kebangsaan n mamang ojek tadi itu…hadewwhhhh…
Klo bisa jangan lagi lagi lah..
Nama besar organisasi yang terpampang jelas di jaket kebangsaan itu yang kan jadi taruhannya..
Sepele mungkin..tapi masih ingat kan klo cuma gara2 janggut aja..muslim dunia bisa di-cap teroris..

Yukz..bijak ber-kostum..
Bijak pula memilih pemberian yang terbaik untuk orang2 terkasih kita..
Smangad slalu.. ^_^/

Monday, September 5, 2011

yang Muslimah perlu tau : kanker payudara part 2


alhamdulillaah..
syukron jazakumullaah atas keberkenaan frens fillah sekalian untuk meluangkan waktu membaca tulisan ghina sebelumnya..
syukron juga udah mau bertanya lebih banyak tentang penyakit yg klo dibiarkan mengganas akan sangad mematikan ini..
dari sekian halaman yang ghina baca di google..kanker payudara tetap di nomor mengkhawatirkan sebagai pembunuh kejam..heuwwww..
ghina bilang kejam krn klo dah ngarasain sakitnya..dokter g ada obat pereda..dan sakit nya itu benar2 derita luar biasa bagi penderita..

ghina coba jawab sepengetahuan ghina atas pertanyaan2 teman2 baik lewat FB..YM..sms, telpon,  ato pun langsung ke rumah.. eheh8
mohon mav juga yang masalah g ngabari klo ghina sakit..
tapi bunda ghina bilang... :klo masak kue..klo kuenya sukses..baru boleh ngabari n ngajak orang lain menikmati..tapi klo gagal..nikmati sendiri aja ato buang"
ehhe8

>>sakitnya kek gimana??
ni pertanyaan yang plg banyak ditanyain..
klo yang ghina rasain kemarin itu.. (alhamdulillaah skrng udah g lagi)..lebih kurang kek nyeri klo lagi sakit gigi..berarti klo mau tw rasanya..sakit gigi dulu..eheh8
dalam periode ini..kebanyakan penderita g ambil pusing..kek ghina aja eheh8
dulu cuma ngirain tu krn masuk angin krn aktivitas banyak di luar rumah..dan Curup ni dingiiinnnn...bbrrrr..

ada denyutan yang g normal di payudara kita..trus mulai sering sesak klo nafas jadi sesekali perlu narik nafas lebih panjang dan dipaksakan..dalam tingkat lanjut..terjadi peradangan yg akhirnya klo lagi nyeri..kita juga bisa merasakan klo "si itu" juga demam panas..
klo dah gitu..guling2 aja di kamar..ixixixi

>>tau itu tumor pa bukan gimana?? benjolannya kek gimana??
ada cara check mandiri yang disebut SADARI..lengkapnya main aja ke link yang ghina post di tulisan sebelumnya..
yg ghina krmn itu baru stadium FAM (alhamdulillaah..)..tumor ini g terbilang ganas..dan hasil lab yang ghina dapet tadi waktu check up juga tidak menunjukan klo tumor itu ganas..
tanda FAM itu..singkatnya seperti benjolan yang biasa ada di leher kita klo lagi masuk angin ato lagi demam..klo orang Curup bilangnya 'telok cicak.an" (=bulat kek telur cicak)..
untuk stadium awal..benjolan ini masih bisa bergerak..jadi klo dipegang dia berpindah2 tempat..tapi klo dibiarin kelamaan..dokternya bilang bisa 'naik kelas' trus jadi benjolan yang mengeras..
pastinya..ya mau g mau ngapelin dokter..ehhe8

>>harus kah operasi??
sebenarnya g tau juga..kan saya bukan dokter eheh8
waktu check awal kmrn itu..ada juga mbk yg ngalamin benjolan dan udah lumayan besar katanya..tapi ternyata dokter g nyaranin operasi pengangkatan..
nah..jadi g usah panik dulu buat check lebih jauh ke dokter..krn tidak semua benjolan bisa dikatakan tumor..bisa aja beneran masuk angin eheh8

sebelum operasi..sempat konsul ke 4 dokter di curup..dan semua nyarani operasi..insyaallah kemungkinan sembuh total itu masih sangad besar klo masih di periode awal..

sekedar pertimbangan buat teman2 yang masih ragu utk operasi padahal dokter dah nyaranin operasi..ada beberapa kisah nyata teman2 penderita kanker yang ghina kenal di FB dan YM..
seorang teman cerita klo kanker yang dia derita dah lumayan parah..awal dokter nyaranin operasi..dia ketakutan..cuma berikhtiar dg minum obat herbal..akhirnya..benjolan yang awalnya hanya di kiri..skarang menjalar ke kanan..masyaallaah..dan skarng dia harus kemo rutin untuk bertahan..hiks

jadi frens fillah..selain sbg jalan mengurangi sakit yg kita derita..operasi itu juga cara untuk bisa tau apakah tumor yg kita derita itu jinak ato ganas..
nah..klo g operasi..kita g bakal tau tindakan bijak apa yang harus kita ambil selanjutnya untuk sakit kita itu..
obatan herbal memank memungkinkan..tapi sepertinya memakan waktu yg relatif lama utk tau perkembangan reaksi nya..
klo ternyata tumor nya tergolong ganas??
dengan menunda operasi..sama saja kita memberikan peluang bagi si tumor untuk terus berkembang..

operasi tu g sakit kog..biaya nya yg bikin sakit..eheh8


>>klo operasi..katanya akar nya ke mana2..
akar apanya??
ixixiix luthu naaaa..

yang biasa benjolannya balik lagi itu..stadiumnya dah naik kelas frens..
tapi klo masih awal..insyaallaah bersih..
nah..di fase ini..dokter juga sangad menganjurkan kita mengkonsumsi obatan herbal kek rebusan daun sirsak ato benalu..
kurangi juga makanan berpenyedap..yg instant2..apa lagi mie..
*hiks..padahal padahal.. T_T


>>klo operasi..masih bisa jadi ibu??
klo masih stadium awal..100% bisa insyaallah.
benjolan itu g ngaruh ke proses menyusui seorang ibu..banyak juga kasus yg ibu nya operasi FAM waktu gadis..skarang dah punya anak dan smua anak diberi ASI eksklusif..


jadi..klo ada yang ditinggal sang pangeran gara2 operasi..bilang ja pangerannya g gaul..ahahah8

TAPI..klo kankernya dah mengkhawatirkan..rasanya yang akan kita pikirkan adalah bagaimana bertahan hidup dg keharusan operasi dan kemo berkelanjutan..


***

so frens fillaah...
buruan SADAR utk SADARI sbelum akhirnya kita mengasihani diri sendiri..

smangad slalu.. ^_^/

Saturday, September 3, 2011

yang muslimah perlu tau: kanker payudara


teman2 muslimah pernah melakukan check payudara nya secara rutin g??
istilahnya 'SADARI"..

yakin dech banyak yg bakal jawab "g pernah"..ato "pernah tau sich ttg SADARI..tapi..."


apa reaksi langsung frens fillah klo ternyata divonis positif kena 'cancer'??

rame lah ya.. :D
pastinya shock berad..cemas..pen nangis..merasa idup dah abiz mpe detik itu...
*lebayyy.. :D

1 ramadhan 1432 yg baru lewat ini..bu dokter yang biasa ghina apel-in itu tiba2 ngomong..
"Ni positif ni ghin..dah brapa lama?? kog baru cerita skarang??"

tuinx tuinx...
asli cuma bisa nyengir waktu itu...
"positif.."

"operasi ja langsung ya..mumpung masih awal"
Allaahu Robbiy... T_T

singkat ceritanya..tanggal 5 ramadhan itu tepat jam 10 pagi..operasi..
haaaa...innallaaha ma ana

***

belajar dari perjalanan hidup ghina..sedih rasa nya klo ada di antara frens fillah sekalian yang kemudian hari ngabari.. :ghina...aq mw operasi..mohon doanya.."

adooowwhhhh...jangan dech klo bisa..
janagn ngefanz berad ma ghina mpe gaya nyepelin sakit pun ditiru..
*gayaaaa.. :))

klo ditanya.."gejalanya apa?"
ghina juga g tw..dan dokter juga g tw klo belum ada ciri2 khusus..
yang ghina inget..
>>berad badan tu susut jauh sangad dari normal..
logikanya..kek parasit..benalu yang nempel di pohon trus ngambil nutrisi si pohon mpe pohonnya mati..waktu pohonnya mati tu benalu juga ilang ntah ke mana..nah..sama kek kanker..dia ngambil nutrisi tubuh si penderita..jadinya ya kuyuzzz...terakhir berad badan ghina cuma 38kg
>>nyeri di payudara bukan hanya saat PMS
klo diingat2 lagi..pernah mrasa nyeri dah lama..pas kuliah malah..tapi g terlalu sering jadi dicuekin eheh8 soalnya g terlalu ganggu aktivitas.. (Mulaii dahh ngelezzz.. :D)
cumaaaa....akhir2 sebelum mw periksa itu  nyerinya terlalu sering
>>gampang sakit
nah...jangan nyepele'in flu..keseringan flu bisa berarti tanda adanya penyakit lain..

itu adjah yang inget.. :D

yaaaa...tetap bersyukur karena kanker nya msh awal..masih tergolong FAM..yang artinya masih bisa memberikan ASI eksklusif buat buah hati kami nanti..ehheeh
*kami...??? :))

nah frenz fillah..yukz SADAR untuk "SADARI" sedini mungkin..
jangan takut buat ngecek..klo ternyata dokter bilang  perlu operasi pengangangkatan..segera lah..
klo ditunda2..bisa lebih ganas n kita g bisa jadi bunda yang sempurna nantinya..tinx tinx


penjelasan penting ttg cara SADARI..gejala awal..ciri2..dll dsb..kunjungi http://puskesmaspajangan.wordpress.com/2009/06/13/tumor-payudara/
tu dah lengkap insyaallaah.. ato googling adjahhh.. ^_^21

ngutip sms seorang teman
"ALLAAH memberi ni'mat sakit..karena IA ingin sang hamba..kelak..ketika menemui NYA dalam keadaan suci tanpa noda dosa"